Warta Indonesia
No Result
View All Result
Sabtu, 12 Juli 2025
  • Login
  • Home
  • Daerah
  • Jabodetabek
  • Nasional
  • Dunia
  • Ekbis
  • Hukum
  • Politik
  • Indeks
Subscribe
No Result
View All Result
  • Home
  • Daerah
  • Jabodetabek
  • Nasional
  • Dunia
  • Ekbis
  • Hukum
  • Politik
  • Indeks
No Result
View All Result
Warta Indonesia
No Result
View All Result
Home Ekbis

New Landscape of Delivery Services Industry 2021

Warta Indonesia
Sabtu, 24 Juli 2021
-- Ekbis
Bagikan di FacebookBagikan di Twitter

Industri e-commerce di Tanah Air mengalami pertumbuhan pesat di tengah pandemi Covid-19.  Kondisi ini membuka kesempatan luas bagi perusahaan logistik dan turunannya untuk turut memberikan kontribusi dalam proses pengiriman (delivery services).

Hal itu terungkap dalam webinar “New Landscape of Delivery Services Industry” yang diselenggarakan Mix MarComm pada Jumat sore (23/7) di Jakarta.

Semakin menjamurnya bisnis e-commerce di Indonesia, ditangkap sebagai peluang besar oleh para pemain jasa pengiriman yang mulai fokus mendukung e-commerce.  Bahkan, menurut Farid Fatahillah, Associate Consultant Inventure, besarnya layanan delivery services  yang handle pengiriman dari e-commerce mendorong sejumlah marketplace memiliki delivery services.

“Pemain e-commerce punya delivery services. Contohnya Shopee dan Tokopedia,” ujar Farid yang menjadi pembicara dalam webinar tersebut.

Hal menarik lain yang terjadi pada konsumen di era pandemi Covid-19 ini adalah konsumen memilih produk berbasis lokal lantaran mobilitas terbatas. Istilah mager (males gerak) seolah telah menjadi ungkapan umum sehingga muncul tren go food untuk pesan makanan/minuman, termasuk belanja kebutuhan sehari-hari via online.

Farid mencermati, pertumbuhan pesat e-commerce menunjukkan era digital yang sedang happening. Masyarakat menggunakan gadget untuk mendukung semua aktifitas sehari-hari.  “Uniknya, digitalisasi tidak hanya millennial, tapi juga bagi generasi X hingga generasi baby boomer,” paparnya.

Hasil riset  Logistic Post Vaccine yang diselenggarakan Inventure pada Juni 2020 lalu mengungkapkan sejumlah sikap atau pendapat konsumen terkait jasa pengiriman. Diantaranya bahwa ongkos kirim (ongkir) menjadi pertimbangan utama bagi rerponden konsumen dalam memilih perusahaan kurir.  Dalam hal pembayaran, sebagian besar konsumen (69,2%) memilih pembayaran secara  cash on delivery (COD) dibandingkan pembayaran dengan digital payment.

Yang menarik dalam riset ini adalah konsumen menganggap semua perusahaan atau brand delivery services sama saja.  “Konsumen hanya melihat benefit yang disuguhkan oleh perusahaan kurir,” tutur Farid lagi.

Sementara pembicara Kristiyanto selaku Chief Marketing Officer Ivosights  memaparkan seputar percakapan logistik di social media (socmed). Rata-rata dalam sebulan mencapai 96.987 percakapan. Jumlah ini, katanya, hanya sekitar 18,08% dibandikan percakapan telco yang mencapai 536.345 percakapan.

Para pemain delivery services menggunakan kanal socmed, seperti Instagram, Youtube, Facebook, dan Twitter untuk mengedukasi unique selling product (USP) dan edukasi layanannya. Menurutnya kanal Instagram cukup efektif untuk program kampanye dan brand awareness.

Direktur Operasi PT KAI Logistik Edy Setiawan yang juga hadir menjadi pembicara memaparkan tentang kiprah KAI Logistik selaku anak perusahaan yang dibentuk PT KAI.

Saat ini KAI Logistik menawarkan empat lini bisnis utama, yaitu Angkutan Multi Commodity (pengiriman komoditas untuk angkutan peti kemas, semen, komoditas khusus seperti limbah B3); Terminal Logistik (mengelola terminal logistik dan melayani bongkar muat, Warehouse Management, container storage, packing, hingga pengangkutan BBM); Penanganan Batubara (melayani loading/unloading dan stockpile batubara); serta Kurir dan Logistik (pengiriman barang dan dokumen ke berbagai wilayah di Tanah Air).

Di samping memanfaatkan kanal socmed untuk komunikasi ke pelanggan, pihaknya juga belakangan gencar melakukan promotion untuk edukasi melalui flyer, ads, hingga digital campaign.

Maraknya e-commerce yang terjadi saat ini, diakui memiliki potensi yang cukup besar bagi industri kurir. “Marketplace sebuah keniscayaan yang tak bisa dihindari,” ujar Edy.  Kendati saat ini fokus utama mempertahankan eksisting market dan pelanggan untuk angkutan barang ritel, imbuhnya, namun bertahap mulai merambah pengiriman e-commerce.

Award Most Engage Delivery Services Brand 2021

Dalam kesempatan itu digelar pula acara Indonesia Most Engage Delivery Services Brand 2021, yang merupakan event award perdana MIX MarComm untuk para pemain delivery services.

Pemimpin Redaksi Mix MarComm Lis Hendriani mengungkapkan, seiring dengan berkembangnya industri jasa pengantaran/pengiriman barang (delivery services), diperlukan benchmarking pencapaian masing-masing brand berdasarkan pengukuran terhadap variable tertentu.

“MIX MarComm bersama Ivosights mengukur variable brand engagement di media sosial dan website untuk menilai pencapaian brand industri ini. Pengukuran ini penting untuk menunjukkan tingkat keterikatan brand dengan warganet yang jumlahnya terus meningkat—lebih dari separuh jumlah riil warga negara Indonesia,” papar Lis.

Social Media Monitoring dilakukan dengan melihat tingkat apresiasi audience (Applause) kepada setiap unggahan brand di media sosial, tingkat kerelaan audience membagikan kembali unggahan tersebut (Amplification), dan tingkat antusiasme audience dalam memberikan komentar atau tanggapan kepada konten yang diunggah (Conversation).

Setelah melewati penjurian yang ketat terhadap peserta award yang jumlahnya mencapai seratusan perusahaan delivery services, akhirnya ditetapkan para pemenang. Berikut daftar pemenang pada masing-masing kategori.

Kategori Kurir Parcel

J&T Express
Si Cepat Ekspres
GrabExpress
GoSend
Anteraja

Kategori Ekspedisi

J&T Express
SiCepat Ekspres
Anteraja
Paxel
KAI Logistik (KALOG)

Kategori Logistik

DHL Supply Chain
LAZ Logistics
JNE Logistics
KAI Logistik (KALOG)
RPX

Kategori Kargo

DHL Forwarding
JNE
J&T Express
Indah Logistik
Dakota Cargo

Tags: BisnisEkonomiIndonesiaNasionalNusantaraPress ReleaseSiaran PersWarta

Previous Post

Vaksinasi Covid-19, Gus Muhaimin: Pemerintah Tidak Boleh Sendiri, Masyarakat Harus Dilibatkan

Next Post

Polri Pastikan Beredarnya Video Rusuh Demo Hari Ini Hoaks

BeritaTerkait

Ekbis

Astra Honda Optimis Bawa CBR Dominasi ARRC Motegi

Rabu, 9 Juli 2025
Ekbis

Pertamina Hijaukan Hutan Lombok, Komitmen Pelestarian Lingkungan Berdampak Nilai Ekonomi

Rabu, 9 Juli 2025
Ekbis

Samsung Galaxy Z Fold7: Trend Baru Smartphone

Rabu, 9 Juli 2025
Ekbis

Dukung Irigasi di Trenggalek, Brantas Abipraya Bangun Bendungan Bagong

Rabu, 9 Juli 2025
Load More
Next Post

Polri Pastikan Beredarnya Video Rusuh Demo Hari Ini Hoaks

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Warta Terkini

Perkuat SDM Hilirisasi Industri, Kemenperin dan PT IMIP Buka Kelas Beasiswa

Dorong Inovasi Lurik Klaten, Wapres Gibran Soroti Pentingnya Desain Kekinian dan Digitalisasi

Tebar Ribuan Benih Ikan di Bendungan Rowo Jombor, Wapres Dukung Penguatan Ketahanan Pangan dan Keseimbangan Ekosistem di Klaten dan Sekitar

Preventif Cegah P2GP, Kemen PPPA Gagas Modul Edukasi Layanan PUSPAGA

Astra Honda Optimis Bawa CBR Dominasi ARRC Motegi

Pertamina Hijaukan Hutan Lombok, Komitmen Pelestarian Lingkungan Berdampak Nilai Ekonomi

Samsung Galaxy Z Fold7: Trend Baru Smartphone

Dukung Irigasi di Trenggalek, Brantas Abipraya Bangun Bendungan Bagong

Populer

  • Vero Sambut Pemimpin Baru untuk Tingkatkan Operasional dan Layanan di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • PNM Mekaar Jadi Pilar Ekonomi Keluarga, Wapres Gibran Apresiasi Perempuan Tangguh DIY

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dorong Inovasi Lurik Klaten, Wapres Gibran Soroti Pentingnya Desain Kekinian dan Digitalisasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perkuat SDM Hilirisasi Industri, Kemenperin dan PT IMIP Buka Kelas Beasiswa

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Buka Rakernas, Wapres Dorong PSBI Jaga Nilai Budaya dan Sinkronisasi Program dengan Agenda Nasional

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Facebook Twitter Instagram Youtube
Warta Indonesia

Tentang Kami | Redaksi | Disclaimer | Contact

Pedoman Media Siber | Privasi Policy

SOP Perlindungan Wartawan 

© 2021-2024 Wartaindonesia.co.id | Portal Berita & Informasi Indonesia

No Result
View All Result
  • Home
  • Daerah
  • Jabodetabek
  • Nasional
  • Dunia
  • Ekbis
  • Hukum
  • Politik
  • Indeks

© 2021-2024 Wartaindonesia.co.id | Portal Berita & Informasi Indonesia

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist