Inovasi produk dan ekspansi layanan menjadi strategi Asuransi BRI Life dalam menghadirkan solusi perlindungan jiwa yang modern, relevan, dan mudah dijangkau masyarakat. Division Head of Corporate Secretary BRI Life Ade Nasution mengungkapkan, kebutuhan masyarakat terhadap perlindungan finansial jangka panjang terus meningkat, sehingga perusahaan perlu meresponsnya melalui produk dan layanan yang semakin adaptif.
“Kami ingin menghadirkan pengalaman berasuransi yang lebih menyentuh kebutuhan masyarakat. Tidak hanya melalui inovasi produk, tetapi juga dengan kedekatan layanan dan akses yang semakin mudah. BRI Life memastikan bahwa setiap solusi yang kami hadirkan relevan, sederhana, dan memberikan nilai nyata bagi nasabah,” ucap Ade.
Sepanjang kuartal ketiga dan keempat 2025, BRI Life memperkenalkan sejumlah produk baru yang dirancang untuk menjawab kebutuhan proteksi dari berbagai segmen masyarakat.
BRI Life menghadirkan produk Asuransi Unggulan Pilihan Keluarga ARUNIKA, yang dipasarkan melalui channel Bancassurance. Produk ini dirancang sebagai solusi perlindungan jiwa yang komprehensif guna memberikan perlindungan finansial seumur hidup yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan segmen masyarakat kelas menengah di Indonesia.
Selanjutnya, BRI Life merilis produk BRILifeInspira. Produk ini merupakan asuransi jiwa tradisional jangka panjang (whole life) yang dirancang untuk memberikan perlindungan hingga usia lanjut serta menjaga keberlanjutan finansial keluarga tertanggung di masa depan. BRILifeInspira yang dipasarkan melalui kanal keagenan, merupakan salah satu produk yang memiliki karakteristik produk yang unggul dan berorientasi pada kepastian finansial jangka panjang bagi nasabah.
Pada September 2025, BRI Life meluncurkan produk Asuransi Mikro Kecelakaan Kesehatan dan Meninggal Dunia Plus (AM KKM Plus), merupakan produk asuransi mikro dari BRI Life yang memberikan perlindungan jiwa Peserta Asuransi dari risiko kecelakaan kesehatan dan meninggal dunia.
AM KKM Plus mulai ditawarkan di 100 Unit BRI yang tersebar di empat regional office BRI yaitu Bandung, Malang, Palembang, dan Pekanbaru. Produk ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari nasabah, dimana dalam 1,5 bulan sejak diluncurkan telah mencapai target dari yang ditentukan sebelumnya, yakni 3 bulan.
Selain itu, BRI Life juga menguatkan penetrasi produk Protection Sport (Pro Sport) melalui optimalisasi platform digital. Produk yang sebelumnya telah diluncurkan itu, kini dapat dibeli langsung melalui landing page digital, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh perlindungan saat melakukan aktivitas olahraga.
“Berbagai produk ini kami hadirkan sebagai bentuk keberpihakan pada kebutuhan masyarakat, baik mereka yang membutuhkan perlindungan jangka panjang hingga sektor mikro yang membutuhkan solusi sederhana dan terjangkau. Kuncinya adalah relevansi produk terhadap kebutuhan nyata masyarakat,” yakin Ade.
Sebagai wujud nyata mendekatkan layanan kepada nasabah, BRI Life pada 2025 meresmikan Healthcare Contact Center di Yogyakarta serta kantor layanan ke-26 di Padang, Sumatera Barat, dan kantor layanan ke-27 di BSD, Jakarta. Kehadiran Contact Centre dan dua kantor layanan baru ini, diharapkan memperkuat aksesibilitas layanan di wilayah dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
Ade menjelaskan bahwa keberadaan kantor layanan fisik tetap memiliki peran penting di tengah transformasi digital industri asuransi. “Kantor layanan memungkinkan nasabah mendapatkan pengalaman tatap muka yang lebih personal, sekaligus meningkatkan kepercayaan mereka terhadap perusahaan asuransi. Ini bagian dari komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang profesional dan high-touch,” katanya.
Dengan inovasi produk yang terus diperbarui dan perluasan jaringan layanan yang berkesinambungan, lanjutnya, BRI Life menegaskan visinya untuk menjadi perusahaan asuransi jiwa yang adaptif, tepercaya, dan mampu menjawab dinamika kebutuhan masyarakat Indonesia.
