Jakarta – PERURI resmi menjalin kerja sama strategis dengan Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bahteramas Sulawesi Tenggara dan BPR Rokan Hulu Riau dalam upaya mendorong digitalisasi pada sektor bank perekonomian rakyat. Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PERURI dengan BPR Bahteramas Sulawesi Tenggara dan BPR Rokan Hulu Riau di Kantor PERURI Jakarta pada Senin, 18 November 2024.
Kolaborasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperkuat daya saing BPR dalam menghadapi perkembangan era digital. Melalui implementasi sistem digitalisasi perbankan yang dikembangkan oleh PERURI, BPR diharapkan mampu memberikan layanan yang lebih cepat, aman dan inovatif bagi masyarakat. Kerja sama ini juga menegaskan komitmen PERURI dalam mendukung transformasi digital di berbagai sektor, termasuk pada sektor bank perekonomian rakyat.
POH Head of SBU Digital & CA PERURI, Shitta Marsella, mengungkapkan bahwa digitalisasi merupakan solusi penting bagi sektor perbankan rakyat dalam menghadapi tantangan persaingan. “Kami yakin, kolaborasi di bidang digital ini akan memperkuat daya saing BPR dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.
Kerja sama ini disambut baik oleh Direktur Utama BPR Bahteramas Sulawesi Tenggara, Dr. Ahmat, yang menyatakan bahwa digitalisasi ini akan memperkuat peran BPR dalam mendukung perekonomian daerah. “Kerja sama dengan PERURI memberi kami kesempatan untuk menyediakan layanan perbankan yang lebih inovatif dan sesuai dengan kebutuhan nasabah di era digital. Selain itu, digitalisasi memudahkan kami dalam melayani nasabah di wilayah yang sulit dijangkau oleh kantor cabang secara fisik,” ujarnya.
Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia, terutama dalam pemberdayaan ekonomi lokal serta perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sejalan dengan komitmen PERURI dalam mendukung UMKM, PERURI menyediakan solusi teknologi yang memungkinkan BPR memberikan layanan keuangan yang lebih mudah diakses oleh pelaku UMKM.
Melalui digitalisasi layanan perbankan, seperti sistem integrasi tanda tangan elektronik, PERURI membantu BPR meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan layanan mereka ke wilayah-wilayah yang sebelumnya sulit dijangkau. Langkah ini diharapkan menjadi model bagi transformasi digital di sektor bank perekonomian rakyat lainnya di seluruh Indonesia.
Sebagai perusahaan yang telah bertransformasi menjadi perusahaan teknologi high security, PERURI berkomitmen untuk terus berinovasi dan menjalin lebih banyak kemitraan strategis, memastikan sektor perbankan rakyat dapat bertransformasi menuju era digital yang lebih maju dan inklusif.