Jaringan new retail F&B (Food & Beverage) unicorn asal Indonesia, Kopi Kenangan, melakukan ekspansi ke pasar mancanegara dengan membuka gerai pertamanya di Suria KLCC, Malaysia, pada pertengahan Oktober ini (17/10).
Dituturkan Edward Tirtanata, CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, “Kami memilih Malaysia sebagai negara tujuan ekspansi global pertama kami karena kecintaan orang Malaysia terhadap makanan, perkembangan budaya kopi yang stabil, terutama untuk model bisnis grab-and-go. Selain itu, ada banyak kesamaan yang dimiliki orang Malaysia dengan orang Indonesia dalam hal cita rasa dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru.”
Lebih jauh ia menjelaskan, proyeksi sektor F&B di Malaysia juga tercatat menjanjikan, karena saat ini Malaysia sedang bertransformasi dalam menerapkan ekonomi digital berpenghasilan tinggi dengan fokus utama pada digitalisasi. “Hal itu juga sejalan dengan konsep bisnis kami. Kami ingin menerapkan kesuksesan model bisnis kopi grab-and-go yang diterapkan Kopi Kenangan di Indonesia ke pasar luar negeri, yang dimulai dengan Malaysia. Tujuan kami membangun Kopi Kenangan adalah untuk mengenalkan kopi Indonesia yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan dapat diakses oleh semua orang. Kami sangat senang bisa berbagi cita rasa kopi Indonesia dengan orang Malaysia,” ucapnya.
James Prananto, Chief Business Development dan Co-Founder Kopi Kenangan, menambahkan, “Kopi Kenangan akan beroperasi di bawah nama Kenangan Coffee, sebagai nama merek internasional yang digunakan di luar Indonesia. Alasan kami menggunakan nama Kenangan Coffee, karena kami ingin memfokuskan pada kata kunci ‘kenangan’, dengan harapan kami dapat memperlakukan setiap konsumen yang datang ke gerai sebagai teman dan setiap cangkir kopi yang kami buat dengan cinta dapat meninggalkan kenangan yang baik untuk para konsumen. Cita-cita kami adalah menjadi merek kopi yang paling dicintai konsumen di Asia Tenggara. Malaysia akan menjadi langkah awal kami dalam mencapai misi Kopi Kenangan tersebut.”
Selain gerai pertamanya di Suria KLCC, Kenangan Coffee juga akan membuka empat gerai lainnya di MyTown Cheras, Pavilion KL, NU Sentral KL, dan Sunway Pyramid PJ di akhir tahun ini. Kenangan Coffee juga meluncurkan Kenangan Academy di Uptown, PJ, untuk menyediakan berbagai program pelatihan yang diperuntukkan bagi para barista dan karyawan. Tujuannya, untuk menjadi pusat pelatihan profesional di bidang F&B terbaik di Malaysia.
Sejalan dengan komitmen dalam menyajikan kualitas terbaik untuk konsumen, Kopi Kenangan juga menggandeng Mikael Jasin, World’s 7th Best Barista (2021), sebagai Head of Coffee yang akan menerapkan pengalaman dan pengetahuannya untuk memilah biji kopi berkualitas hingga akhirnya dapat dinikmati oleh konsumen.