Warta Indonesia
No Result
View All Result
Jumat, 17 Oktober 2025
  • Login
  • Home
  • Daerah
  • Jabodetabek
  • Nasional
  • Dunia
  • Ekbis
  • Hukum
  • Politik
  • Indeks
Subscribe
No Result
View All Result
  • Home
  • Daerah
  • Jabodetabek
  • Nasional
  • Dunia
  • Ekbis
  • Hukum
  • Politik
  • Indeks
No Result
View All Result
Warta Indonesia
No Result
View All Result
Home Ekbis

Fokus Garap Komunitas Pelosok, Shox Rumahan Jangkau 5 Ribu Desa

Warta Indonesia
Kamis, 15 Juli 2021
-- Ekbis
Bagikan di FacebookBagikan di Twitter

Melihat peluang di industri eCommerce, Ertan Sonat Yalcinkaya–yang akrab disapa Kaya–mendirikan marketplace penyedia peralatan rumah tangga, Shox Rumahan. Ertan bekerja sama dengan Vyani Manao, yang merupakan pendiri start-up Pakde, platform penyedia layanan pergudangan yang kemudian diakuisisi start-up pengembang platform agregator logistik Shipper. Akuisisi Pakde berkontribusi pada pertumbuhan Shipper hingga 50 kali lipat.
Diungkapkan Founder Shox Rumahan Ertan Sonat Yalcinkaya, “Banyak investor di sekitar saya antusias dengan bisnis e-commerce di Indonesia, setelah melihat sektor ini berkembang pesat dalam satu tahun terakhir. Namun, aktivitas e-commerce di Indonesia masih terbatas pada kota-kota besar atau tier-1. Pemain e-commerce besar juga menyasar pengguna dari kawasan urban.”
Berpengalaman dalam e-commerce Cambrian explosion (ledakan Kambrium) di China selama menjadi Head of Global Midea, Kaya memproyeksikan akan ada ledakan pertumbuhan yang sama di Indonesia. “Pasar ritel e-commerce China 6 kali lipat lebih besar dibandingkan Indonesia dan penetrasi pasar di kota-kota tier-2 lebih didorong oleh social-commerce. Dalam 5-10 tahun mendatang kita akan melihat kemunculan unicorn dari Indonesia yang menyasar pasar kota-kota tier-2 untuk merujuk ke model social-commerce yang sama,” ucapnya.
Sayangnya, lebih dari separuh penduduk Indonesia yang tinggal di perdesaan belum tersentuh layanan marketplace. Oleh karena itu, demi menyasar pasar penduduk  perlu ada model bisnis berbeda karena kebanyakan pembeli sulit dijangkau, tidak memiliki rekening bank, dan tidak percaya solusi teknologi.
“Pemain e-commerce tidak dapat menerapkan model bisnis B2C bagi pengguna di pelosok meski pola tersebut sukses di tempat lain. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membaca dan memahami perilaku konsumen dan komunitas di perdesaan,” ungkapnya.
Dia optimistis social-commerce dapat menjadi jalan untuk mengaktifkan komunitas perdesaan di Indonesia dalam eCommerce. “Itu sebabnya, tim kami mencoba memperkenalkan model operasi social-commerce ke komunitas perdesaan,” ujar Kaya.
Pemain tradisional e-commerce memfasilitasi persaingan dengan sangat baik. Mereka mendaftarkan sebanyak mungkin penjual dan mendorong sebanyak mungkin Stock Keeping Unit (SKU) di pasar.  Model ini menjaga harga tetap rendah, tetapi hanya bagi pembeli di kota tier-1. Sedangkan bagi pembeli di perdesaan harga menjadi tidak ekonomis akibat tingginya biaya pengiriman. Tanpa penghematan biaya, sistem e-commerce tidak lagi menarik bagi pembeli di pelosok, terutama jika produk tidak sesuai kebutuhan.  
Untuk itu, Shox Rumahan menjawab permasalahan itu dengan membalik piramida dan berfokus menarik komunitas perdesaan ke e-commerce. “Daripada mendorong pembeli dengan banyak produk, Shox Rumahan hanya menyediakan produk yang mereka inginkan. Ini bukan sekadar lokalisasi, tetapi hiperlokalisasi,” tutur Kaya.
Agen Shox Rumahan memainkan peran besar dalam sistem piramida terbalik ini. Para ketua komunitas di pelosok mengetahui persis kebutuhan penduduk di perdesaan dan berbelanja atas nama mereka. “Ini adalah situasi win-win bagi kedua belah pihak. Pembeli di perdesaan dapat membeli produk Shox Rumahan dengan harga sama seperti pembeli di Jakarta karena tidak ada mark-up, mengambil fasilitas cicilan 5-10 kali pembayaran, dan waktu pengiriman barang yang lebih singkat,” urainya.
Tidak seperti pemain e-commerce besar, Shox Rumahan menawarkan harga sama seperti di kota besar, karena target pembelinya adalah level RT, bukan individu. Average Order Value (AOV) Shox Rumahan saat ini melampaui Rp 3 juta. Itu artinya, 5-10 kali lipat pemain social-commerce agent-based models lain. Pemesanan dalam jumlah besar memudahkan Shox Rumahan menekan biaya logistik, karena biaya pengiriman dapat dikurangi 5-10 kali lipat, tergantung luas desa.
Saat ini, Shox Rumahan telah menjadi pemain e-commerce yang menjangkau lebih dari 5 ribu desa. “Kami ingin menjaga kepercayaan pengguna dengan menyediakan solusi digital yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka,” pungkas Kaya.

Tags: BisnisEkonomiIndonesiaNasionalNusantaraPress ReleaseSiaran PersWarta

Previous Post

Manjakan Pemirsa Indonesia dan Taiwan, CATCHPLAY+ Eksklusif Tayangkan Live Streaming “Emmy Awards ke-73”

Next Post

CATCHPLAY+ Tayangkan Film The Conjuring Terbaru

BeritaTerkait

Ekbis

Olagud dan Kitchenette Hadirkan Menu Fried Chickenette Series

Jumat, 3 Oktober 2025
Ekbis

Modern Internasional Jalin Kemitraan Strategis dengan BUMN Tiongkok Genertec

Jumat, 3 Oktober 2025
Ekbis

LSPR Institute Hadirkan Wamenlu Arif Havas di Ambassador Talks Vol. 6

Jumat, 3 Oktober 2025
Ekbis

Kuartal ll-2025, UNTD Bukukan Laba Usaha Rp791 Juta

Jumat, 3 Oktober 2025
Load More
Next Post

CATCHPLAY+ Tayangkan Film The Conjuring Terbaru

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Warta Terkini

Wapres Ajak Pedagang Pasar Langgur Pertahankan Predikat Pasar Aman dan Bersih

Wapres Disambut Adat Kei Rinin, Simbol Restu Leluhur di Tanah Maluku Tenggara

Wapres Gibran Santap Malam Bersama Komunitas Musik dan Tokoh Gereja Ambon

Dukung Ketahanan Pangan dan Ekonomi Lokal, Wapres Kunjungi Pasar Rakyat Ambon

Dari Pantai Natsepa, Wapres Apresiasi Peran Perempuan dalam Merawat Tradisi Kuliner Nusantara

Tinjau BMPP Nusantara 1 Ambon, Wapres Tegaskan Pemerataan Listrik Andal sebagai Fondasi Kemandirian Bangsa

Tinjau Bendungan Way Apu, Wapres Tekankan Manfaat Nyata bagi Masyarakat

Wapres Dukung Sinergi UMKM dalam Program Prioritas Pemerintah

Populer

  • Ke Indramayu, Wapres Resmikan Universitas Darul Ma’arif

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ratusan Santri dan Mahasiwa Al-Qur’an Universitas PTIQ Gelar Doa Bersama Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dukung Ketahanan Pangan dan Ekonomi Lokal, Wapres Kunjungi Pasar Rakyat Ambon

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Pantai Natsepa, Wapres Apresiasi Peran Perempuan dalam Merawat Tradisi Kuliner Nusantara

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Presiden Jokowi Membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2020

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Facebook Twitter Instagram Youtube
Warta Indonesia

Tentang Kami | Redaksi | Disclaimer | Contact

Pedoman Media Siber | Privasi Policy

SOP Perlindungan Wartawan 

© 2021-2024 Wartaindonesia.co.id | Portal Berita & Informasi Indonesia

No Result
View All Result
  • Home
  • Daerah
  • Jabodetabek
  • Nasional
  • Dunia
  • Ekbis
  • Hukum
  • Politik
  • Indeks

© 2021-2024 Wartaindonesia.co.id | Portal Berita & Informasi Indonesia

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist