Sebanyak 117 peserta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak pada berbagai bidang usaha di Kelurahan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, mengikuti pelatihan digital marketing dan digital branding
“Pelaku UMKM kerap terkendala soal pemasaran karena keterbatasan pengetahuan. ”
Lurah Kuningan Barat, Agus Muharam mengatakan, produk kuliner, pakaian, kerajinan tangan sampai souvenir yang dihasilkan para pelaku UMKM ini cukup berkualitas dan dapat bersaing dengan produsen besar. Untuk permodalan, jelas Agus, ada koperasi yang siap meminjamkan sampai puluhan juta rupiah tanpa anggunan.
“Pelaku UMKM kerap terkendala soal pemasaran karena keterbatasan pengetahuan. Pernah dijual via online tetapi sekarang terhenti,” ujarnya, Kamis (5/11).
Agus menjelaskan, pelatihan digelar bekerja sama dengan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) dan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).
“Saya berharap, pelaku UMKM dapat memanfaatkan media digital untuk mendongkrak penjualan serta mempromosikan produk mereka di pasar lebih luas,” ucapnya.
Ada empat materi yang diberikan dalam pelatihan ini, yaitu Pelatihan dan Workshop Management, Pelatihan dan Workshop Media Bisnis Digital, Kemitraan UMKM dan Brand Existing melalui pola Banch Marking, dan Pembinaan dan Pendampingan Berkelanjutan.
(bj/wi